Minggu, 11 November 2012

Jadinya Mau Lanjut Kemana, Rif?

Rabu, seminggu yang lalu, gue sama temen- temen seangkatan kelas IX ngadain kunjungan ke sekolah favorit di Jambi. Ada tiga sekolah favorit yang bakal di kunjungi: SMAN 1 Kota Jambi (RSBI), SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayuti (RSBI), Man Cendikia (gatau statusnya RSBI atau enggak. Yang jelas sekolahnya itu favorit di seluruh Prov. Jambi. Yang daftar 1000 lebih, yang keterima cuma 60 anak :O)

Sebenarnya, ada 5 sekolah favorit di Jambi. Dua yang nggak kami kunjungi adalah SMAN 3 Kota Jambi (RSBI) sama SMAK Xaverius. SMAN 3 itu tempatnya jauh, dan Xaverius itu sekolah kristen. masa kami yang sekolah islam kunjungan ke sana? Ga kan.

Kami berombongan naik bis dan beberapa mobil guru. Pertama ke SMAN 1. Bangunannya keren. Bokap gue ngajar di sini, tapi sekarang cuti dulu, ada sesuatu :p. Nyokap gue juga dulu jadi guru bahasa Inggris di sini, sebelum gue lahir. Heheh ._.

Gue sering ke sini. Sering banget malah. Ngikut bokap gue ngajar. Gue numpang WiFi-an di sana, hohoho :p

Kami masuk ke Aula atau auditorium di sana. Nah jadi dikasih pengarahan tentang SMAN 1, gimana cara masuknya, ada beasiswa nya atau enggak, proses belajar mengajar gimana, agamanya gimana..

Gue yang ditunjuk jadi juru bicara sama guru guru gue pun akhirnya nanya. Ehm, sebenarnya agak random gimana ya gue yang polos ini jadi juru bicara -_____- gue udah nolak, tapi tetep aja disuruh. Nyokap gue malah ngedukung.

Nah, gue nanya sama si pembicara dari SMAN 1, proses belajar mengajar di SMAN 1 itu pake bahasa bahasa inggris gak? Akhirnya di jawab, rupanya di sana gak full make bahasa inggris.


Akhirnya, kami pun lanjut ke TT (singkatan dari Titian Teras). Perjalanan makan waktu lama, soalnya jauh sih. TT itu lokasinya di luar kota Jambi, sekitar 22 km dari kota nya. Jauuuuuh. Tapi setidaknya gak bosan sih di perjalanan. Bis nya rame sih. Temen temen gue yang kocak pada teriak "Aqua aqua nya pak, aqua nya bu... lemang nya pak.... tahu sumedang... mijoooon..." -______-

Finally, setelah setengah jam lebih nempuh perjalanan, kami nyampe ke TT. TT itu LUUUUASSSSSSS banget gilak. Gue sih langsung tercengang ngeliatnya. lapangan parkir disana? banyak. Gedung gedung disana? gak kehitung luasnya. WiFi-an disana? Bisa. Kafetaria nya? KEREN :'3

Luasnya kayak universitas- universitas. Sampe sampe di jalan- jalan di wilayah TT mah dikasih palang dimana jalan ke GOR (gedung olah raga), Kolam Berenang, Kafetaria, Ruang belajar mengajar, Graha (asrama) siswa- siswi, dan banyak gedung lagi. Keren bray. Langsung jatuh hati gue sama TT. xD

Kami sih celingak celinguk nyari gedung yang jadi ruangan tempat acaranya. Gedungnya kebanyakan sih -____- tapi akhirnya kami ngekorin guru dan akhirnya, gedung auditorium--yang ke berapa gue lupa--dijadiin tempat acara.

Setelah pada ngumpul semua, akhirnya ada seminar segala macem. TT itu rupanya diprakarsai sama Gubernur Jambi tahun 1994, yang pengen buat sekolah favorit berbasis kedisiplinan tinggi (kalo gasalah sih begitu-___-). Nah, akhirnya dibangun deh sekolah ini. TT itu sekolah yang berbau militer, soalnya kedisiplinannya tinggi. Banyak baris berbarisnya, terus kalogasalah masuk ke sekolah ini harus punya tinggi badan minimal sama tes fisiknya. fisik gue uhm gimana ya, kurang kuat mungkin? itulah hal agak meminderkan(?) bagi gue.

Seminar selesai jam dua belas tepat. kami solat. then, makan siang. terus kakak kakak OSIS Titian Teras (beberapa dari alumni sekolah kami) ngebimbing kami ngasih tau letak- letak gedung di TT. Karena sekolahnya luaassss banget, kami jadi lama di TT. Tapi gue gabosen kok ;))

TT tuh menganut sekolah berbasis asrama. Jadi kami dari hari senin- sabtu ada di sana, dan hari minggu bakal pulang, Gitu deh O:)

Nah, finally, kami bakal ke Mancendikia. Waktu itu hujan, deres. Kami langsung tancap ke bus. Man cendikia itu bertetangga dengan TT. Letaknya bersebrangan~

Kami sampai di Mancendikia. Lagi hujan hujan. acaranya di Masjid. Katanya, setiap siswa harus didekatkan dengan masjid, karena masjid tempat dimana semua bermula (kurang lebih gitu deh). Kepala sekolahnya yang memimpin acara ini. Jadi tuh Man Cendikia menganut sistem asrama (boarding school). Pulangnya sebulan sekali.

Sayang, gue gabawa kamera selama acara ini, jadi gak ada dokumentasi. Huhuhu:(((( sedih sih. Tapi temen gue ada yang bawa kamera, nanti bisa diminta kan foto- fotonya :pppp

Gue tertarik ke mana? Titian Teras, kalau enggak Man Cendikia. Sebenarnya, pengen juga sih lanjut ke Insani Cendikia Serpong. Tapi......... liat aja nanti.

Titian Teras itu gue suka karena fasilitasnya lengkap banget. Man Cendikia gue suka karena prestasi dan kualitas sekolahnya. Dulu pas kelas VII, gue ngidam- ngidamin SMAN 1 Kota Jambi banget. Soalnya, dalam fikiran gue, SMAN 1 Jambi itu gak asrama, bisa bebas. Tapi sekarang? Gue malah milih yang berasrama. Soalnya, perkataan seorang kakak pemandu kami di Titian Teras ada yang ngena banget: "Di sekolah asrama kayak gini, kalian bakal dapat pengalaman yang gak kalian dapetin di sekolah manapun. Ngumpul bareng teman, Belajar bareng teman, satu graha sama teman... semua dilakuin dengan teman." :'))

2 komentar:

Ratri Sekar~ mengatakan...

sumpah itu MAN cendika sangar bet yg keterima 60 doang:O

keren2 ya sekolah di jambi~~

Rifqi mengatakan...

makanya itu rat -_- kakak kelas gue ada dua di sana, wkwk-_-v