Minggu, 11 Maret 2012

Tipe- Tipe Facebookers

Gue rasa, anak muda jaman sekarang gak ada yang gak punya Facebook. Rasa-nya aneh banget kalo denger ada anak muda yang gak punya facebook. Bahkan aurel yang move-on pun pastilah punya facebook juga #eh. Dan sekarang, facebook bukan hanya digentayangin anak- anak muda aja. Anak kecil, ibu- ibu, bapak- bapak, siapa yang punya anak bilang aku.. aku yang tengah malu.. sama teman- temanku.. *Ini kenapa nyambung ke lagu wali*

Hm.. gue pun melakukan sebuah riset *ada bahasa yang lebih lebay gak?* tentang tipe- tipe Facebookers yang sudah berbagai macam, semacam Bhineka Tunggal Ika. Yah.. ada yang alay, ada yang likers, ada yang akun fb-nya gak keurus.. ada yang bikin status melulu.. ada yang.. ada yang putih, dan ada yang merah.. *entah kenapa gue sering nanyi di blog sekarang. Mungkin karena duit jajan bulanan gue bulan ini udah habis kali ye, biar bisa ngamen*

Oke, langsung aja gue menjabarkan klarifikasi gue.

1. Jempolers

Ini yang paling marah dan yang paling bikin gue sebel. Dulu gue emang Likers, tapi sekarang nggak! Gue berfikir, ngapain sih minta like ke orang? Kalo orangnya gak suka terus gimana? Nahlo..!

Gue juga dulu ada janjian sama beberapa orang untuk saling like status. Tapi sekarang nggak lagi. Soalnya.., ngapain ngelike status yang belum tentu kita sukai? Kurang kerjaan, kan? Apalagi, sekarang banyak banget jempolers yang bergelimpangan. Misalnya nih ye, kita bikin status, terus ada orang yang ngelike status kita, ada aja yang comment 'like balik yah'. mana lagi pake bahasa alay. Apabanget dah -_-

Tombol like kan hak kita, bukan hak dia nyuruh- nyuruh kita buat like balik statusnya. Emang masalah gitu kalau gue nggak like status mereka yang udah like status gue?

2. Facebookers yang Pake Nama Alay

Dosa gue apaan coba sampai- sampai banyak anak alay yang memenuhi news feed di beranda facebook gue!? Apaan!? Nama mereka macam- macam, mulai dari 'Qu taKkan b'sAA Mlupak4nmo3', 'angG4 akN t'tAp cetia', 'FeRa Cii FakiiR aCmaRa' dan sejenisnya. Ini udah parah banget. Apaan coba. Mereka udah terasuki sama jiwa alay-nya Andika Kangen Band *jangan ungkit soal ini*. Kemungkinan besar, anak alay sekarang nih ya pake nama  alaynya, kemungkinan besar statusnya alay juga. Misalnya..

'K'mu uDh r3La ya muTu5!n huBun9an q'ta in!eee..,'
'k't4 kan Clalu belcaMaa.. oce?'
'm'Lam ming9u niee.. q h'nYa in9in kmoe.'

kayaknya mentri Pendidikan bakal bikin Kamus Besar Bahasa Alay atau Kamus Terjemahan Indonesia- Alay dan Alay- Indonesia. Kebanyakan anak di Indonesia mengira 'anak alay adalah anak gahool', tapi pada kenyataannya ALAY dan GAHOL beda. Dulu sih memang sama, soalnya belum ada kata 'ALAY'.

Siapa yang harus bertanggung jawab atas kealayan ini!?


Apalah masa depan Indonesia jika generasi muda ber-alay-ria begini

3. Facebookers Yang Gak Tau Umur!

Orang dewasa wajar aja sih punya facebook. Soalnya, facebook kan diperuntukkan orang dewasa, kan? Tapi.. kenapa.. -___-

Aku punya teman facebook. Ibu- ibu. Foto profilnya.. terlalu narsis. Statusnya.. cinta- cintaan. Untung aja tulisannya gak alay. Kalau alay, kemungkinan besar ibu ini terlalu cepat untuk menua. Aku bukannya durhaka atau bahasa lainnya apa gitu.., tapi.. dia itu ibu- ibu..! Kenapa malah begitu?! Waktu aku lagi menjelajah profil orang, aku ketemu FB dengan nama account 'MaMa CanTix'. Weteeep!? Beginikah orang dewasa zaman sekarang!?

Mending sekarang gue ngambang di tengah laut bareng Raditya Dika -__-

4. Akun Facebook-nya Gak Keurus

Ini nih.. mungkin cuma orang yang pengen gaul aja yang begini. Dia bikin akun facebook, terus akunnya ditelantarin. Mungkin, jaga- jaga kali ya misalnya ada temennya yang nanya 'Kamu punya akun Facebook?' terus dia jawab 'iya'. Facebook itu, bukan sekedar buat punya aja, tapi buat kita mengapresiasikan ekspresi, perasaan, dan bagaimana keadaan kita. Facebook juga membuat kita punya banyak temen, bahkan di lain benua. Gue punya temen baik dari Jepang. Kami sering chattingan, tukar- tukaran bahasa dan saling cerita- cerita tentang Budaya. Keren, kan?  

5. Galauers &Penyindir

Ini nih yang paling sering gue temuin. News feed gue penuh dengan para penggalau yang ditinggal pacar, pengen pacaran tapi gak laku, bertepuk sebelah tangan, dan sulit move-on. Yah.. itu mah DL, ya #digampar. Um.. hal- hal yang sudah gue sebutin tadi memang menyakitkan, tapi.. jangan ditulis di status dong. Kasihan kan, beranda facebook temen lu penuh dengan status lu yang terus- terus menggalau. Sedikit- sedikit, muncul status lu. Belum lima menit, ada status lu lagi.  Jadinya nih, gue ngeladinin status elu terus! Akhir- akhirnya, terpaksa deh remove elu dari friends FB. Nah, gue nya jadi serba salah kan?! Ntar lu nya ngegalau lagi, soalnya Justin Bieber udah remove dari daftar pertemanan FB lu *inikenapajadianeh-__-*

Nah. yang penyindir nih, biasanya tipe orang yang bisanya ngomong di belakang. Misalnya..
"Woi! Bisanya ngerebut pacar gue! Apaan lo?!"
"Woi.. sadar woi. Lu tuh ngaca dong, malah nembak gue!"
"Woi.. kenapa Rifqi keren banget!?"  <- ini memang nyindir banget

Facebookers Normal

Yah... yang normal ini, nggak kayak yang udah gue sebutin di atas. Facebookers yang normal berarti gak alay, gak menuhin news feed dengan status galau, dan sebagainya.


Maaf kalau ada kata- kata yang menyinggung. Gue cuma mengapresiasikan opini gue aja. #JustMyOpinion.

Wassalam =)

22 komentar:

Irra W Hasibuan mengatakan...

gue paling sebel sama jempolers itu loh, iihhhh,, nyemak banget!
ntar sampe kirim chat ke gue isinya " like status aku yah ?"
nah, kalo uda dilike trus kenapaa ?
merasa hebat loe ? hah ? *cekik2jempolers*
nyahahaha emosi gue

Rifqi mengatakan...

jiahaha. sama lah

AzizanHakimDotCom mengatakan...

Paling males ama yang jempolers -_-
apalagi make auto comment dan like.
bakal gw hancurin tuh muka dia -_-

ale kaleng mengatakan...

ahahah jempoler sialan banget emang tuh, , , , lagi bikin status bagus2. . . tiba2 dia nongol"like balik ya" hahah

ensu mengatakan...

dan kayaknya gw tipe ke 4,itu krn gw males ketemu tipe 1 dan 2
-.-

Rifqi mengatakan...

@Azizan: tonjok! tonjok! >:D

Rifqi mengatakan...

@ala kaleng: seseven banget! :O

Rifqi mengatakan...

@ensu: jiahaha. pake aja akunnya, kan banyak manfaatnya XD

Bunda sylaa mengatakan...

uhuii...aku termasuk dalam kategori facebooker yang masih normal..hehee

iya,saya juga sebel dengan facebooker yang alay,gimana gituu...

Rifqi mengatakan...

seseven!

Tabah mengatakan...

wah aku tipe keberapa ya. . . . kunjungsn mslem. . . da orangnya ndak ya. .. . :)

Rifqi mengatakan...

ada dong :3

Azura Zie mengatakan...

Aduuuuuh yang alay jauh-jauh deh haha...

Rifqi mengatakan...

Jiaaah -..-

Annisas mengatakan...

gue termasuk facebookers normal dong, walaupun jarang update status, min seminggu 1x, tp masih tetep aktif buat komunikasi dg temen2 jauh dan para blogger dr bbrp grup :)

Rifqi mengatakan...

gue sih juga begitu sebenarnya. kheheheh

Fahmi Setiawan mengatakan...

yasalamm, bahasanya dalem banget gan. hahahahaaa, ane bingung mo ketawa atau mo geleng2 kepala.
salam kenal aja deh.

Rifqi mengatakan...

hehe.. dalem ya? sorry deh kalo dalem, soalnya waktu buat postingan itu lagi sebal ama friends di fb. XD

Salam kenal :)

Fahmi Setiawan mengatakan...

hahahahaaa pantes.

tammizious mengatakan...

gue yg normal2 aje..
ih sumpah ya, kesel liat ibu2 alay, gak wajar itu -____-'
untung emak gue gak punya pesbuk..

Rifqi mengatakan...

emang kalau punya kenapa kak? kekeke XD

Lia_key mengatakan...

Aku termasuk normal... :)