Rabu, 11 Januari 2012

I'm Not ALAY PERSON~

"Alay adalah sebuah istilah yang merujuk pada sebuah fenomena perilaku remaja di Indonesia. "Alay" merupakan singkatan dari "anak layangan." Istilah ini merupakan stereotipe yang menggambarkan gaya hidup norak atau kampungan. Selain itu, alay merujuk pada gaya yang dianggap berlebihan dan selalu berusaha menarik perhatian. Seseorang yang dikategorikan alay umumnya memiliki perilaku unik dalam hal bahasa dan gaya hidup. Dalam gaya bahasa, terutama bahasa tulis, alay merujuk pada kesenangan remaja menggabungkan huruf besar-huruf kecil, menggabungkan huruf dengan angka dan simbol, atau menyingkat secara berlebihan."


Coba renungkan  kalian mengukur diri artikel yang aku ambil dari wikipedia itu!!
Ciri- ciri anak alay:
- Norak dan kampungan! #maksudnya apa? #gaptek? #plaakk
- Gaya yang dianggap BERLEBIHAN (gak dengan aku yang SIMPLE.)
- Menarik Perhatian (hm.. menarik perhatiannya gimana? Dengan gaya yang BERLEBIHAN?)
- Perilaku unik dalam hal BAHASA yang menggunakan HURUF BESAR- KECIL, ANGKA DAN SIMBOL (aku sederhana!)


keputusan mahkamah agung, Rifqi tidak alay #plak.
Ya. Alay, kata yang cukup tidak asing lagi terdengar di telinga kita *pormal amat bahasa elu Rif*. Begitulah! Aku baru tahu kalau ALAY itu memalukan!! Jadi saya putuskan untuk menjadi orang yang GaJe saja.. -..-


Nah, aku ada termometer alay yang aku dapatin di blognya seseorang, namanya Yudhim. Ukur sendiri menurut diri kalian masing- masing!!


A) TINGKAT PALING RENDAH:
1. nulis kata disingkat, seperti "lagi apa?" gi pha?? atau bosen banget jadi "bsen bgd nh" (Bukan aku).
2. memakai simbol tambahan. "p@ k@bar L0e??" atau "~hha..~ y nh.. lg bosen~" (SANGAT bukan aku).
3. menggunakan huruf Z dibelakang kata. "mlz bgtz!" atau "gurunya malezin yh" (Bukan aku)
4. comment orang dengan minta balasan kaya "repp iah!" / "blz dum" / "reply dsini iiaaa" (maksud ini apa ya?)
5. layoutnya yang super rame bahkan berfotmat gif (gerak) dengan warna ngejrenk pinkk fontnya yang aneh lah (bukan aku. Layout blog aku sederhana :D)


B) TINGKAT RENDAH
1. about me panjaaaang banget dengan gambar dari myspace yang gajelas pake isi gr-gr an kaya "aq tuh.... cntik.... lucu.... punya cowo ganteng..." zzz dan sebagainyalah lo tau kan. (Aku gak begitu yah, meskipun ngaku keren etc, tapi aku cuma bercanda doang.. -__-)
2. penggantian kata! gue / gw / gua = w, lo / lu = lw / loe. dong = dumzz / dwunhh (aku sih emang pake kata loe, tapi lebih sering nulis 'kamu'.)
3. foto serba di ediiiiit abis apalagi yang editnya emo emo pake tulisan gothic gitu (hobiku memang edit foto, tapi gak sampe pake tulisan gothic, emo gak jelas!)
4. media box dipenuhin dengan gambarrrrrr (yang ini aku gak ngerti)


C) TINGKAT SEDANG
1. mamerin kebisaan dishot out, misalnya "eh w kan menang track motor lohh.." atau "eh w les nyetir dong.." dan yang lebih oon nya "eh w makin oke dan top ya tiap hari" (gak banget ah)
2. rusuhin comment foto. misalnya cuma dicomment "cantik deh/ganteng deh" balesnya "emg gw gnteng gtuu... y krna trlahir dh ganteng kli ya?? hha. dan kyanya..........blabalabla" (aku emang gitu tapi gak bermaksud rusuh, kidding! Ah, pengen ngerubah sifatku yang sering ngaku keren, ganteng, etc -__-)
3. nickname digabung sama nama org yang disuka dengan cara gajelas. misalnya (kalo namanya sama maaf ya) "Delita Saiianks si Luthuu.." atau "delita cinta dya" gitulah ya aezzz... (gak bangeeet!)
4. bikin album yang isinya artis favorit mereka. contoh "kangen band khuzuz loh!!" apalagi albumnya pake dikunci, yah capedeh!! (ini maksudnya apaaa? Aku gak ngerti)


D) ALAY TINGKAT PARAH!
1. barang abal yang dipamerin ketemen terus dia ngaku beli di singapore, Amerika dan sbgainya. "eh liat nih gue beli gelang dijerman gitu loh asli kalo ga salah sih dirupiahin 500 ribu ya." padahal dia beli di itc aja!! yang 10 ribu 5 hahaha. (PARAH you know?!)
2. tulisan gede-kecil. "aLoW kLiAnZ hArUz ADd GwE YaH!!" atau dengan angggka "K4Ng3nZ dWEcChh" NNNNNZZZZZ (enek baca tulisan gitu)
3. minta di add di shotout, "j9n lupa ett ghw" (maksud?)
4. gaya dengan bibir monyong, telunjuk nempel bibir, gaya tangan dengan oke dipinggir kepala dan foto dari atas (maksudnyah?)
5.nge post bulbo cuma buat kasih tau dia lagi online & minta comment (gue gak ngerti!)

15 komentar:

Dunia Feby Andriawan mengatakan...

Hahaha.. untung gue dilahirkan bukan sebagai alay.. :D

Rifqi mengatakan...

Alay merajalela yah bang -..-

Anonim mengatakan...

kak aku share ke fbku yah :D bukan copas di blogku cuman di share ke fbku -____- trus nanti dia visit blog kakak *udahtau
buat nyadarin beberapa temanku yang masih terikat kontrak dengan alay

Rifqi mengatakan...

silakan.. dengan suka cita.. #plak :D

Anonim mengatakan...

Tengkyu kakak ^^ semoga temanku langsung putus kontraknya sama alay, itu tu sangat mengganggu -__-

Anonim mengatakan...

eh aku alay gak sih? enggak kan?

Rifqi mengatakan...

oh ya.. temennya dian ALAY tipe apa yah? Tulisannya ya?

Anonim mengatakan...

Iya, cuma tulisannya doang, gayanya enggak. Kok tau sih? peramala yah? aku sih dari lahir emang tulisannya kayak gini :D

Rifqi mengatakan...

nggak, kan si Dian bilang temen Dian mengganggu. Berarti ya, tulisannya yang 'diindah- indah'-kan. Bikin pusing -___-

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

Oh gituuu, kirain gitu kakak peramal ^^
Oh, iya si Dian itu siapa? aku belum kenalan. Kenalin dong!

Rifqi mengatakan...

situ siapa namanya? -__-

Anonim mengatakan...

-____- kena balik -_____- gak bakat ngelawak aku mah :'( nyerah deh

Rifqi mengatakan...

terus belajar ngelawak..! cari referendum (?) dari blog- blog lucu...! ntar kita dapat inspirasi ngelawak.. dulu lawakanku asli garing banget ... hoho.

Pilihan terakhir kalau malas buka blog lucu:
Ngumpet di kotak Imajinasi-nya Spongebob

Anonim mengatakan...

itu dia masalahnya, spongebob gak mau minjem kotak imajinasinya, pelit banget ih.