Rabu, 26 September 2012

JSN 2012.

Halo, gue kembali \(^o^/) (\^o^)/

Setelah dua hari gak buka blog, akhirnya sekarang gue mulai ngeposting juga. Gue cuma mau ngeposting sebentar. Gue sih walaupun buka blog, tapi gabuka twitter -___- soalnya, nanti, kalo ngebuka twitter, pikiran gue main, main, dan main terus. Sedangkan blog? Gue cuma mau nulis apa yang mau gue tulis. FYI yang belum tau, gue buka twitter cuma pas weekend ._.v yang belum follow twitter gue, follow ya, @_rfqi :p

Kali ini, gue bakal ngeposting tentang Jambore Sanitasi Nasional, tanggal 24 Juni - 1 Juli kemaren. Kalo dikatakan telat ngeposting, gue emang telat sih -___- pengalaman tiga bulan yang lalu malah ditulis sekarang masa ._.

Nah, jadi, gue itu.. ekhm(?) gue itu menjadi salah satu dari enam perwakilan Provinsi Jambi yang bakal lomba tingkat Nasional di Jakarta._. tentang Karya Tulis dan Presentasi masalah Sanitasi. FYI sanitasi itu mengenai lingkungan gitu deh~

Alhamdulillah, di provinsi, gue dapat juara satu karya tulis. Jadi tuh gini, di lomba ini, ada dua jenis kategori lomba yang bakal dipertandingin. Lomba karya tulis ilmiah dan lomba poster (semacam ngelukis). Nah, dari dua lomba tersebut, dipilih masing- masing enam juara (tiga dari lomba karya tulis, dan tiga dari lomba poster) yang bakal terbang (?) ke Jekerdah =) Dan nanti, di sana, ngumpul 198 anak dari 33 provinsi di Indonesia yang bakal lomba ngerebutin juara I Nasional. Sebenarnya yang lomba di Jakarta itu cuma anak yang juara I di provinsi aja sih. Yang juara II dan juara III nya ikut kegiatan di Jakarta juga tapinya~

Nah, setiap provinsi itu bakal nunjukin satu kesenian daerah dinamis (kayak tarian atau lagu atau teater) yang bakal dipertunjukkin di lomba nanti, setiap jam makan malam. Kami, dari Provinsi Jambi, nampilin teater masa -_- Teaternya itu judulnya "Air Mato Putri Tangguk." jadi tuh, nanti ada putri namanya putri tangguk, terus dia nangis gara- gara sawahnya berubah jadi tanah biasa. Dia nangisnya tuh lama banget, tujuh hari tujuh malam. Nanti dari tangisannya itu, munculnya danau Kerinci -_____-

Oke skip. Tentunya, untuk nampilin drama itu, kami berenam yang dari Jambi ini bakal latihan. Gamungkin kan kami malu- maluin pas tampil nanti -_-

Hari itu hari Rabu, tanggal 13 Juni. Kami ngumpul di kantor dinas PU Provinsi Jambi. Kami dikasih pengarahan sama Bu Novi (nama ibu- ibu yang bakal bimbing kami di Jakarta nanti). Waktu itu, si Yola (@miyashita_yoshi) yang bikin 'nge-edit' Drama nya. Kami (Gue, Gia, Anggi) dikasih naskah dramanya. Kenapa kami cuma berempat? Soalnya, dua orang lagi ada di kabupaten, jadi susah ke kota Jambi nya.___.

Waktu itu gue pemalu banget sama si Anggi, Yola dan Gia. Kalo Yola sih gue udah kenal. KENAL aja. KENAL dia sebagai penulis KKPK dari Jambi. Nah jadinya sih Yola, Gia dan Sarah (finalis dari Kabupaten Merangin), menang lomba cipta poster. Si Gia juara I, Yola juara II, dan Sarah juara III. Yang ikut karya tulis itu Gue, Anggi dan Fitri (finalis dari kabupaten Tanjung Jabung Timur).

Gue akhirnya ngeberaniin ngobrol sama Yola dan Gia, soalnya waktu itu gue liat mereka yang paling akrab berdua, jadi gue jb jb aja -___- soalnya, gue gabisa lama- lama diem. Gue harus ngoceh! (?)

Untungnya, mereka nerima gue buat ikut percakapan mereka ._. seingat gue, kami waktu itu ngomongin tentang musik. Ah, gue langsung dapat temen di hari pertama ketemu~! :D

 Seminggu selanjutnya, kami latihan drama. Gue dan Gia juga latihan untuk lomba di Jakarta nanti, soalnya kami kan juara I, ehehe~ ._.v

Nah. Pokoknya jadwal gue seminggu sebelum pergi otewe to Jekerdah itu padat banget -____- gue capek! Latihan drama, latihan lomba, persiapan ini itu =_=a

1st Day, 24th of June 2012
Akhirnya, 24 Juni, sehari sesudah sohib gue @edlinrizki ultah, gue berangkat ke Jekerdah.

Sejam kemudian, kami nyampe. Kami pun nyari tas travel kami, dan akhirnya ketemu. Akhirnya, kami nunggu bis yang bakal nganter kami ke Hotel Mercure, hotel kami bakal lomba. Hotel nya itu unik lho, ada di tepi laut ;) deket Dufan sama Ancol.

Kami sampai di hotelnya. Kece dah hotelnya eheheh ._.v

Kami registrasi dulu di suatu ruang yang nggak terlalu gede dan nggak terlalu kecil(?). Disana disediain makanan kecil untuk kami. Dan disana ngumpul anak- anak yang udah datang dari berbagai provinsi. Agak canggungan sih gue sama mereka, belum kenal sih ._.

Setelah registrasi, Bu Novi ngajak kami ke Ancol, soalnya gak ada kerjaan nunggu semua peserta ngumpul di sana. Yaudah akhirnya kami ke Ancol. Ancol rame banget gilak -_- dan waktu itu Jekerdah panasnya gak ketulungan ._.

Ancol ;) yang make baju biru, tas biru item dan jilbab putih itu Yola, dan yang make baju merah kotak- kotak dan celana jenas itu anggi._. dan Oom penyapu ancol itu sok narsis(?)

Mainan Yola :3 #plak


Sebenarnya kami mau naik Gondola, tapi antrinya panjang, jadi gak jadi, lain kali kan bisa :p


Kami kambek ke Hotel. Udah rame. Then, waktu itu pembagian kamar hotel. Gue di kaamr 315, deketan sama kamar Sarah, 308 ;3

Gue sekamar sama anak Maluku dan NTT, namanya Mario dan Dion. Gue akhirnya ngebuka kunci kamarnya yang kayak kartu ATM(?) udah ada Mario di sana. Diem. Gatau mau ngapain kayaknya dia(?). Akhirnya kami berdua sapa- sapaan. Gue pun naroh barang- barang gue. Gue mutusin gue tidur di ranjang tengah aja ._. kan disana ada 3 ranjang untuk 3 anak~

Pemandangan kami langsung ke laut. Kece gilak. Dan disana adem banget :3 AC dan peralatan listriknya tuh hidup otomatis kalo kita masukin kunci kamar yang kayak kartu ATM itu ke suatu sekat.

Setelah bercanggung- canggung ria(?), si Mario akhirnya ngasih gue coklat .___. gue ngasih dia Oreo. So sweet :') (?)

Datanglah Dion, anak dari NTT. Orangnya lumayan gendut, kacamataan. Dari wajahnya sih, keliatan ramah. Tapi gue malah gak ngobrol sama dia di hari pertama masa ;A;

Malam malam, di ballroom hotel, bacain peraturan JSN, dan juga jadwal JSN. Sebenarnya jadwalnya udah ada di buku panduan JSN sih, tapi entah kenapa malah dibacain lagi. Mungkin untuk memperjelas.

Di malam itu juga, ditunjuk 33 anak untuk nyanyi di depan Pak Mentri PU, besok, di acara pembukaan. Gue gak ikut tampil nyanyi ._.

Dan di malam itu juga, kami dibagi- bagi berkelompok, satu kelompok 11- 13 orang. Gue masuk kelompok merah tua. Kelompok paling gokil :) sumpah, mereka Unfrgttbl bgt :'*

Kelompok merah tuh terdiri dari Dea dari Jawa Tengah (@dhheeeaaw), Muthia dari NTB (@muthiamharani), Dita dari Jekerdah (@ditahaef), Nia dari Kalimantan Tengah, Gio dari Sumbar, Nabila dari Kalsel, Aghni dari Banten, Eka dari Sulawesi Selatan (@EKARNFTRH), Juwita dari Aceh, Tiara dari Papua, Kristin dari Gorontalo, dan Barliantari dari Maluku Utara. Yang paling akrab sama gue sih si Dea, Muthia, Dita, Aghni dan Eka, soalnya mereka paling gila \m/. Si Tiara sih sukanya foto- foto gue masa -____- mungkin cita- cita dia jadi Paparazzi(?) .___. ngefans kali? bilang dong ke gue! Biar nanti tak dikasih tanda tangan~ (?)

Gio dan Gue tuh cowok. dan cuma berdua di kelompok merah -_____- eteb sih cowok sedikit, tapi tak papelah, gue mah care mau main sama cowok apa sama cewek :D

Oh iya. nama kakak LO kami adalah kak Sofa. Kakak paling baik yang pernah gue temuin. :')

2nd Day, 25th of June 2012 

Hari dimana pak mentri PU datang. Pagi- pagi, kami udah ngumpul semua di ballroom, nunggu pak mentri, selaku pembuka acara ini. Untuk memeriahkan acara, Pak Mentri disuguhkan sama tarian Tiga Serangkai dari Kalimantan Barat. Tariannya bagus keren gilak xD gue pengen ngeliat tariannya lagi :|

Terus, pas pak mentri datang, anak- anak yang nyanyi itu akhirnya nyanyi di panggung. Bukan hanya nyanyi sih, ada sedikit drama kecil gitu tentang sampah yang numpuk~

Mereka nyanyi ekodrain. Gue kangen sama lagu ituuuu :'* bener- bener kangen. Gue gapunya lagu itu di hape gue masa :| tapi yang jelas, gue masih hafal liriknya :'))))

Lagi nyanyi Ecodrain karya kak Nuggie :) @nuggietrilogy.

Setelah pak mentri pidato, anak- anak dari Papua Barat main tifa dan ngelilingin pak mentri. Lucu banget :) setelah itu, kami ngeliat pameran yang ada di lantai dasar. Rame banget, dan keren banget pamerannya.

Salah satu sudut pameran

Suasana Pameran :3

Sebenarnya di pameran itu ada bahan daur ulang yang di'sulap' jadi semacam dompet, tas, dll. Tapi karena gue lupa bawa uang ke pameran.... -_____-

Hari itu, banyak banget workshop- workshop. Capek. Tapi seruuuu! Soalnya ada kak Fonda Rafael sama pak Arif Rachman yang kocak abis. Gilaaak ngakak bawaannya sama beliaaaaau XDDD bener- bener deh, pengen denger workshop Pak Arif Rachman lagi dengan anak Duta Sanitasi :')))

Pas abis solat maghrib, gue dan beberapa temen- temen gue dari Jambi keluar hotel, nyari udara di Ancol -____- agak eteb sih seharian di hotel .___.b

Keluar malem-____- [Kiri- kanan: Gue, Sarah, Anggi, Gia]
Gara- gara itu, pas balik ke hotel, gue masuk angin. Padahal, tanggal 25 itu H- 1 gue mau lomba Presentasi, babak penyisihan -____- not cool maaan! Щ(º̩̩́Дº̩̩̀щ)

Sebenarnya, malam itu, gue mau latihan presentasi sama Bu Lisa, guru gue yang ngedampingin gue di lomba itu. Tapi... ya gitu deh :]xx
 
3rd Day, 26th of June 2012 

Hari H babak penyisihan Presentasi.
Bener- bener kacau balau.

Gue sebenarnya mau presentasi make MsPower Point yang ada di flashdisk yang gue bawa. But not cool, flashdisknya bervirus, jadi gabisaaa. Wth -_-

Gue akhirnya presentasi manual. Tanpa media pendukung. Satu media pun. Gue agak gugup juga sih, tapi gak gue nampakin. Soalnya, jurinya itu lho. Orang- orang terkenal semua. Kayak Bu Dewi Motik, Pak Arswendo, Kak Fonda Rafael, dan lain- lain.

Keluar dari ruangan lomba, gue gemeteran. Pasrah. Gilak. Gue udah pesimis kalo gue gabakal masuk 10 besar.

Yah, worskhop- workshop cukup membuat gue relax lagi :)

Malemnya, diumumin 10 besar presentasi terbaik dari cabang lomba karya tulis. Disebutin dari asal provinsinya, bukan dari namanya. Gue perwakilan dari provinsi Jambi. Dan... gatau kenapa.......... gue masuk 10 besar. Bener- bener gak nyangka ƪ(°͡o°")͡ƪ


Parahnya, gue gak ada persiapan bray -_____-. Rupanya, 10 besar terbaik bakal nulis karya tulis lagi. Gue bingung mau nulis apa. Gue akhirnya naik ke lantai tiga buat ambil peralatan nulis. Gue andilau. GUE BINGUNG MAU NULIS APA!!!!

Akhirnya, gue sedikit dapat pencerahan. Gue bikin karya tulis tentang "Sosialisasi di Daerah dengan cara mendongeng." Ide yang mau gak mau harus gue ambil.

Di Lomba karya tulis ini, gue dapat banyak temen dari kelompok lain. Ada Tirta dari Gorontalo, Dina dari Bali, Nadhifa dari Sumsel.

Lomba selesai jam 22.30 kalo gak salah. Semacam kejar tayang taugak -_____-


4th Day, 27th of June 2012 

Pagi- pagi, waktunya pemenang 20 besar (10 besar karya tulis dan 10 besar cipta poster) bakal ngepresentasiin karyanya.

Singkat kata, presentasi gue jelek. Banget. Gue gasempat latihan masa :/ Gue gugup sih, soalnya presentasinya bukan di depan juri aja, melainkan di depan temen- temen duta sanitasi. GUE PRESENTASI DI BALLROOM OI!!! -____-v

Dan sore nya, dari 20 besar tersebut, diumumin 5 terbaik (3 orang dari cipta poster dan 2 orang dari karya tulis). Gue gamasuk. Udah gue duga. Dan dua temen gue dari kelompok merah, Dea dan Eka, masuk 5 besar. VISCA! X'D \m/

Malam- malam, mereka langsung ngepresentasiin program kerja mereka, kalo mereka kepilih jadi duta sanitasi Nasional. Keren- keren semua. Tapi sih yang paling keren itu anak Jekerdah namanya Beatrix .___.

5th Day, 28th of June 2012 

Kami latihan untuk gema duta sanitasi (acara puncak Jambore Sanitasi) di ecopark, Ancol, tepat di depan hotel. Kami disuruh make celana training dan baju santai. Soalnya cuma latihan doang~~~ kekekeke :3

Di perjalanan, kami sempat foto- foto-___-

Unforgettableeee:*

Di sana, kami duduk bentar di bawah pohon, terus main game sama kak Safa :D

Trus, kami latihan nyanyi "Peduli Sanitasi" yang dipopulerkan oleh kak Nuggie :)

Sehabis itu, kami ke Dufan~! Main- main~! OH YEAH XDDD

Gue main sama anak dari Jambi, gak main sama temen- temen sekelompok.___.

Gue cuma naik dua wahana. Kora kora sama Istana Boneka -____- kami sih sebenarnya mau naik Histeria. Tapi, antrinya itu loh bray. Panjaaaang! Padahal waktu kami terbaras ._. Dan juga, si Anggi katanya mual abis main kora- kora. Jadi katanya, dia minta kita- kita main istana boneka aja, itung- itung nenangin -__-

Di istana boneka, si Yola ngambek ._. gara gara dia gak satu perahu sama kami. Gitudeh(?) jadinya kami mencar abis itu .____.

Yang bikin iri adalah... temen- temen kelompok merah gue main empat wahana rata- rata taugak -__- ah biarlah, toh pasti gue bakal kesini lagi ;D gatau kapan ._.

6th Day, 29th of June 2012

Jum'at. Kami bakal ke Istana Wapres, SMP berapa gitu lupa, yang jelas itu tuh SMP ter go- green di Jekerdah, dan kantor Kementrian pendidikan.

Kami ke istana Wapres yang ada di belakang Monas (gatau di sebelah mananya monas sih -____- yang jelas, deket banget sama Monas) pagi- pagi. Lewat Matraman kalo gak salah. Macet parah.

Disana, diumumin siapa aja yang juara I, II, III, IV dan V. Beatrix, sesuai dugaan, juara I. Dea juara IV dan Eka juara V.

Afterthat, kami ke SMP di Jaktim yang paling go- green. Perjalanannya kira- kira 1- 3 jam, gue gatau pasti. Yang jelas gue keburu capek pas nyampe di SMP itu. Tapi tapi, kecapekan gue hilang pas liat SMP itu. Gak terlalu luas sih, tapi keren banget sistem go green nya ;)))

Abis itu, kami OTW ke Senayan. Ke Kementrian Pendidikan. Sialnya, Jalan Jendral Sudirman benar- benar gak ngasih toleransi ke gue kalo hape gue lagi lobet. Gue ketiduran di bus, dan tadaa... gue bangun dengan suara klakson mobil yang bersahut- sahutan -_____- macet parah bray =____=

Udah jam empat waktu gue tepat nyampe di depan gedung Kementrian Pendidikan. Kami pun ke lantai tiga gedung kementrian. Duduk rapi semua, nunggu Pak M. Nuh datang. :) Akhirnya, di sana, juara I, II, III, IV dan V ngucapin ikrar sebagai duta sanitasi.

Hape gue batrenya mati pas mau ngefoto beliau. Ah... siaaaal. Kesempatan langka ketemu pak M. Nuh maaaah!!! Hape malah mesti diteriakin WOW sambil koprol dulu(?) -___-

7th Day, 30th of June 2012

Acara puncak. Di Ecopark. Kami nyanyi bareng kak Nugie. Seruuuu gilaaak! Kak Nugie nya ramah :3 Gue sempat fotoan dengan Kak Nuggie OwO


Abis acara puncak Jambore Sanitasi itu, rombongan Jambi pada ke Mangga Dua, mau beli oleh oleh :)

Malam terakhir sama anak dusan. Bener- bener Unfrgttbl. Seminggu sama mereka kayaknya gak cukup :'(

8th Day, 1st of July 2012

Hari terakhir. So baaaaad. Gue berangkat pagi pagi, dijemput Abi gue jam setengah tujuh. Aaaaah!!



Sekarang, kami masih sering contact- contact-an di Twitter atau FB atau SMS. tapi tetep aja yak... rasanya beda :')


Duta Sanitasi ngumpul di depan Dufan :*


Foto bareng bule yang lagi 'nyasar' di Jekerdah -...-v [Kiri- kanan: Bila, Dita, Gue, Aghni, Bule 1(?), Tiara, Bule 2(?), Nia, Kristin]

Aaaaaaaaaaaaaaah kaliaaaaan :" #TimMerahTua

Mercure.

Di depan Kementrian Pendidikan :3 [dari kiri- kanan: Tiara, Gue *-_-*, Dita, Nabila, Aghni].

Ya begitulah. Di acara ini, gue dapat banyak pengalaman dan pelajaran. Benar- benar pengen ngeflashback masa- masa sama dusan, kalau bisa...... gue mau kembali ke masa itu :')

Babay~! Gue musti belajar, soalnya besok ulangan Bahasa Arab masa -____-

2 komentar:

DINA mengatakan...

Gue mau nari tiga serangkai lagi, ki ;;)

Rifqi mengatakan...

nari nari!!! ^o^