Sabtu, 21 April 2012

Edit- Editan Komentar Di Blog~

*Post ini dibuat saat Rifqi sedang mengalami penggalauan*-_-

Ya, gue lagi galau. Galau gegara gue belum nyelesain beberapa target gue di bulan ini. Salah satunya, ngirim tujuh naskah novel. Kurang gila apa gue. Tujuh naskah itu banyak banget. Alur naskah gue udah gue tata, tapi masalahnya internet ini membunuh gue. Gue target sehari ngetik tiga jam, tapi ini sehari malah twitteran tiga jam. Ke laut aja lo  Rif    (?)

 Saking galaunya gue, gue pun bikin twitt begini:



Setelah itu, gue belum ngirim cerpen untuk lomba Karya Tulis dan Gambar Tupperware. Hadiahnya bernilai gede banget, laptop dan uang tunai. Nah, yang ketiga, gue juga belum ngirim cerpen untuk lomba Greatest Stories-nya Edelweiss Kids (penulis cilik yang baca ini pasti tau). Padahal, batas akhir pengiriman cerpennya lebih kurang seminggu lagi!

Ditambah lagi, gue ada masalah sama temen gue. Aish. -__-
Dan momen buruk yang membuat kegalauan gue semakin sempurna adalah.. blogger block. Gue gak tau harus ngeposting apa di blog gue. Gue ngelihat post gue di bulan April, dan hasilnya, hanya dua post (belum termasuk post yang ini). Aaaah... gue memang terlalu pemalas!

Gue juga galau gegara gue gak bisa download suatu lagu yang gue incar. Ahhh -__- yang tau, dimana link buat download lagu EXO- K, judulnya 'Mama'? -_- #ngok


Dan gue nyadar, betapa lebaynya emoticon gif yang ada di postingan ini -__-

Nah, di postingan kali ini, gue bakal kasih sedikit tips tentang 'comment' di postingan blog. Jadi, lu yang punya blog bisa ngatur- ngatur apa- apa tentang 'comment' di blog lu semua. Tips ini gue anjurkan untuk lu yang belum mengerti betul tentang blog. Hehehe.



Pertama, Cara Menghilangkan Ferivikasi Kata 

Ini yang sangat gue anjurkan, lantaran gue malas banget sama blogger yang kalo kita mau comment di postingannya, kita mesti masukin verifikasi kata dulu. Intinya, ferivikasi kata membuat kita harus kerja 'dua kali' kalau mau comment postingan di blog. Gue jadi cenderung malas buat nge-comment jadinya. Dan pasti, blogger lain pasti juga merasa risih akan hal itu. Dan yang paling gue sebelin dari ferivikasi kata adalah pertanyaan begini:

Buktikan bahwa Anda bukan robot -__-

Maksud pemilik blogger nanya begituan apa? Gue manusia, men, gue manusia! Gue bukan robot! Emang kenapa gue harus ditanya hal pribadi begitu. Ini menyangkut pelanggaran HAM! *pelanggaran HAM dari mana coba-_-*

Coba pertanyaannya 'Buktikan bahwa Anda Cody Simpson' #pehlislagingawur-__-. Gue kan bisa lebih senang buat nge-blog.. gitu-_-.

Skip -__-. Rifqinya udah gilaaaa (?)

Nah, supaya gak ada yang risih mengenai hal sepele: ferivikasi kata, kita bisa mengatur/ menghilangkan pengaturan bahwa kita harus memasukkan ferivikasi kata dulu sebelum comment di suatu postingan. Berikut caranya :


1. Buka Dasbor/ Home Blogger
2. Cari Setelan
3. Buka opsi 'Pos dan Komentar' pada 'Setelan'.
4. Sebut 'Rifqi Selalu Ganteng' sepuluh kali B) 










4. Then, kamu bakal dapat pertanyaan seperti ini:


Ada pilihan 'Ya' atau 'Tidak'. Kalian pilih Tidak. Dan.. selesai!


Kedua, Mengganti Pesan Komentar

Caranya seperti yang tadi (masuk ke Setelan > Pos dan Komentar). Lalu, lu akan mendapati ini:


Nah, isi kotak kosong di samping kanan tulisan 'Pesan Formulir Komentar' dengan pesan yang ingin lu sampaikan kepada komentator di postingan lu. Kalau lu cinta dengan semua komentator di postingan lu, dan lu alay, tulis aja 'Q luph k'Lian cMuah'.    <-- abaikan -_-. Gue sih isi kotak itu dengan tulisan begini:


Rukun ngeblog:
- Sering Nge-blog
- Blogwalking dan Blogreading
- Isi kotak komentar




Sudahkah anda menunaikan rukun ke tiga?


Nah, intinya, isi kotak itu dengan pesan yang kalian inginkan. Setelah itu, simpan! Dan.. kalian akan mendapati pesan seperti ini di postingan blog gue:




Itu sedikit tips dari gue. Maap banget basa- basi. Gue tau kalian udah banyak tau tentang ini. Tapi gue cuma pengen share aja ke orang yang belum tau, karena.. di luar sana.. masih banyak yang membutuhkan kita (?) *maksudnya apa yah -_-

Udahan ya, gue mau merayap dulu

12 komentar:

Dian Pratiwi mengatakan...

Galau?....Jadi inget tadi di ekskul -__-

Bima S. Sakti mengatakan...

nice post,, cukup menghibur^^

Rifqi mengatakan...

@dian: haha. gegara UUL -__-

Halo Hasta mengatakan...

kayaknya emoticnya lebih galau daripada penulisnya :D

Rifqi mengatakan...

@bima: heheh ^^

Rifqi mengatakan...

@rini: haha. betul banget tuh -'-

-iam mengatakan...

ini,... saya udah nunaikan semua rukunnya, hahahaha...

salam kenal gan...

mau perkedel?? yok maen ke blog saya, hahahahy...

Rifqi mengatakan...

@-iam: salam kenal gan ^,^
iya, gue lagi laper. gue butuh perkedel. SOS (?)

Sakura Hikaru mengatakan...

Pengen nyoba, tapi gak ngerti. Blog aku pake bahasa inggris T_T

Rifqi mengatakan...

@Bilqhis: Ubah aja ke bhs inggris ^.^

hena satya mengatakan...

kalo menurut gue captcha mending dikasih, itu maksudnya robot bukan maksud apa2. orang itu dari sananya. lagian juga menghindari spam :) cuman saran :D

Sakura Hikaru mengatakan...

Yeee, sekarang aku udah bisa ^,^ *norak*